Peugeot 405: Kelebihan, Kekurangan, dan Harga Saat Ini

Daftar Isi [Tampil]
kelemahan peugeot 405
Sumber gambar: garagedream.net

Informasi seputar kelebihan dan kekurangan mobil Peugeot 405 beserta harganya saat ini tahun 2022 akan kami himpun dalam tulisan ini.


Peugeot merupakan sebuah merek mobil asal Prancis, dan merupakan anak usaha dari Stellantis. Di Indonesia sendiri, Peugeot telah hadir dari tahun 1970-an.

Nah, ngomongin soal mobil Peugeot, kali ini kita akan membahas salah satu dari mobil tersebut, yakni Peugeot 405. Kita ulas apa saja sih kelebihan dan kekurangan dari mobil tersebut, dan berapa harganya saat ini di tahun 2022.

Peugeot 405 merupakan mobil keluarga besar yang dirilis oleh Peugeot pada Juli tahun 1987 dan masuk ke Indonesia antara tahun 1989 sampai 1997. Mobil ini memiliki saudara kembar yakni Alfa Romeo 164. Di tahun 1988, Peugeot 405 meraih penghargaan European Car of The Year. 

Peugeot 405 yang masuk ke Indonesia hanya satu versi, yakni sedan 4 pintu dengan penggerak roda depan. Dan untuk variannya sendiri yang ada di Indonesia ada empat varian, yakni tipe SR, SRi, STi dan STi Le Mans. Mari kita bahas kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

Kelebihan Peugeot 405

Dari segi eksterior, tampilan mobil ini bisa dibilang cukup bagus dan tidak terlalu jadul meskipun tergolong mobil tua. Dari segi interior mobil ini cukup nyaman untuk dipakai sehari-hari.

Selain itu, sparepartnya juga mudah didapatkan. Perawatannya juga cukup mudah terutama yang masih menggunakan karburator seperti tipe SR, untuk tipe selain itu sudah menggunakan injeksi.

Untuk pengereman, mobil ini sudah dilengkapi dengan rem cakram di keempat rodanya, hanya saja untuk tipe SR masih menggunakan rem tromol di bagian roda belakangnya.

Kekurangan Peugeot 405

Setelah kita bahas kelebihannya, sekarang kita bahas kekurangannya. Untuk mobil yang sudah tergolong mobil tua, maka tidak heran lagi jika terdapat banyak kekurangan. Peugeot 405 memiliki fitur yang berbeda untuk setiap tipenya. Seperti tipe SR yang berbeda dengan 3 tipe lainnya. 

Untuk tipe SR sendiri fiturnya masih banyak yang kurang, seperti electric mirror, Seat Height Adjuster, dan rem belakang yang masih tromol. Untuk keseluruhan tipe, kekurangan mobil ini ada pada blok mesinnya, dimana blok mesinnya menggunakan XU9 berbahan alumunium sehingga rentan terjadinya retak dan pecah terutama saat overheat.

Harga Peugeot 405

Saat ini di tahun 2022, harga Peugeot 405 masih berada di sekitaran Rp. 30 - 40 jutaan, tergantung kondisi. Jika kondisi masih benar-benar mulus dan didominasi sparepart orisinal, mungkin harganya lebih tinggi dari itu. Begitu pun sebaliknya, jika dalam kondisi yang kurang bagus harganya bisa lebih murah dari harga pasaran di atas.

Demikian ulasan review mobil, harga, kelebihan, dan kekurangan Peugeot 405. Anda juga dapat membaca artikel otomotif lainnya di Oto-Info.